Tukang Ketik

Online Typing Service

From hard copy to soft copy

Banyak hard copy file -naskah, draft, bahan literatur/referensi dari buku, jurnal, majalah, paper, dokumen, arsip, catatan penting yang kita anggap penting dan kita simpan. Tetapi pada saat kita perlukan sering kali terlupa dimana kita menyimpannya. Kadang terselip dalam tumpukan kertas, buku, koran, majalah, terselip di rak, tergeletak di laci, tersembunyi dilemari atau bahkan teronggok bawah kolong meja. Saat kita cari, kita tidak ingat dimana menaruhnya. Saat kita butuh, kita repot mencarinya. Padahal, apa yang kita butuhkan ada dalam file itu. Jika sudah ditemukan, barangkali file itu sudah berdebu, berjamur, terkena noda, atau bahkan dimakan rayap dan bau. Ini tentu tidak mengenakkan.

Agar hard copy file mudah kita temukan saat kita perlukan, mudah kita telusuri keberadaannya, mudah kita lihat isinya, maka salah satu jalan adalah memindahkan hard copy file tersebut diatas menjadi soft copy file. Pemindahan bentuk dari hard copy menjadi soft copy bisa dengan cara berikut, contohnya jurnal. Kita bisa menscan atau memotret jurnal tersebut dan menyimpannya dalam bentuk soft file. Bentuk ini tentu tidak dapat di format ulang dan di edit. Bisa juga kita ketik ulang seluruh jurnal tersebut, atau sebagian isi jurnal tersebut yang kita anggap penting. Dengan demikian, kita bisa memformat ulang, menyadur atau mengeditnya.     

Memindahkan hard copy file menjadi soft copy file adalah pekerjaan membutuhkan tenaga, waktu, kecermatan dan ketelitian. Jangan sampai ada kata atau bahkan kalimat yang terlewat. Bagi sebagian orang, hal ini bukanlah pekerjaan yang cepat, tetapi pekerjaan yang akan memakan waktunya, padahal file tersebut penting dimiliki dalam bentuk soft file. Tetapi jika dilakukan akan terasa manfaatnya jika soft copy dari file itu sudah kita miliki.

Lantas, dimana kita bisa simpan soft file tersebut? Bisa di e-mail, blog, website, bahkan CD, DVD, flash disk, dst.

Keuntungan mempunyai file dalam bentuk soft copy file adalah akses mobilitasnya. Kita dapat mengakses soft file dimana pun kita mau. Kita dapat mengedit, mengcopy, mereview, bahkan mempublikasikannya saat kita inginkan. File dalam bentuk soft copy akan lebih aman jika tersimpan dalam e-mail, blog atau website pribadi kita yang memang kita sengaja buat dan kita proteksi untuk menyimpan file-file tersebut. Keuntungan lain adalah terbebas dari masalah debu, jamur, terkena noda, bau dan dimakan rayap. Jadi, tidak ada salahnya mulai memindahkan hard copy file kita menjadi soft copy file dari sekarang. 

November 26, 2009 - Posted by | jasa ketik, jasa notulen, jasa pengetikan, jasa notulensi, jasa transkrip, online typing service, opini, typing service | , , , , , , , , , , , , ,

1 Comment »

  1. maaf mau nanya nih , kalau boleh tahu harga 1 lembar A4 ( 1 spasi font time new roman 12) per lembarnya kena biaya berapa ya , terimakasih

    Comment by Auila Hasna | October 23, 2012 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: